Betah di Rumah Melalui Pembelajaran dengan Fun Games With Family

  • Wahyu Arijatmiko
Keywords: betah di rumah, fun games with family

Abstract

Dampak pandemi convid-19 menyebabkan anak harus belajar di rumah. Sampai saat ini belum ada kejelasan sampai kapan pandemi akan berakhir. Anak-anak mulai gelisah, rindu dengan sekolah, rindu dengan teman-temannya, rindu dengan gurunya. Dan orang tua pun tidak kalah resah dan bingung. Mereka dipaksa untuk berperan seperti guru seperti sosok guru yang diinginkan anaknya. Guru tidak dapat lagi mengawasi belajar siswanya secara langsung, sehingga orang tua yang mendampingi dan menggantikan perannya. Belajar di rumah, yang artinya peran orang tua sangatlah besar dalam keberhasilan kegiatan belajar anak. Untuk itu diperlukan upaya orang tua membuat anak agar betah di rumah untuk semangat belajar. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pendampingan oleh keluarga dalam pembelajaran di rumah agar anak semangat belajar dan betah di rumah. Metode yang digunakan  untuk pengkajian ini dengan studi literatur menggunakan data sekunder. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisisi dan diambil kesimpulan. Banyak temuan yang mengungkapkan bahwa penggunaan permainan yang efektif dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan antusias dan semangat belajar. Proses pembelajaran di rumah dilakukan dengan pendampingan bersama keluarga yang telah diagendakan dengan jelas berdasarkan kesepakatan bersama anak. Kegiatan pembelajaran didesain dengan sentuhan fun games bersama keluarga. Hasil kajian dengan ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan yang menyenangkan bersama keluarga atau fun games with family ini menjadikan anak lebih menikmati dengan bahagia, semangat, aman dan nyaman dalam belajar dengan suasana keakraban sehingga betah di rumah.

Published
2020-12-08