Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Kontribusi

  • Restu Dwi Ariyanto
  • Santy Andrianie
  • Guruh Sukma Hanggara
Keywords: covid-19, pembelajaran online, pendidikan karakter

Abstract

Masa pandemi Covid-19 adalah tantangan bagi seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak hal yang terkena dampak pandemik tidak terkecuali dunia pendidikan. Kondisi perubahan pola pendidikan dari tradisional menuju online secara masif akan memengaruhi kondisi psikologis anak. Kondisi tersebut juga akan berdampak pada pendidikan karakter peserta didik. Karakter adalah gambaran deskripsi visual manusia secara menyeluruh yang membuat unik dengan individu lain. Dapat diartikan bahwa karakter merupakan wujud dari keseluruhan pikiran, perasaan dan perilaku yang dimiliki oleh manusia. Keseimbangan antara ketiga komponen tersebut akan menciptakan suatu bentuk karakter yang ideal. Sehingga pemerintah perlu melakukan beragam kebijakan untuk menerapkan pendidikan karakter saat musim pandemic COVID-19. Tujuan dalam kajian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya penerapan pendidikan karakter di musim pandemic COVID-19. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil penelitian mendeskripsikan ide-pengembangan karakter sesuai nilai-nilai karakter Founding Fathers Indonesia (FFI) dan langkah kebijakan yang dapat diterapkan oleh pemerintah dalam mengimplementasikan pembelajaran online bermuatan pendidikan karakter di musim COVID-19 meliputi: Desain Kursus (course design), Motivasi Pembelajar (learner motivation), Manajemen Waktu (time management).

Published
2020-12-08