Pengaruh Animasi Gambar Terhadap Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Animasi gambar terhadap kosakata bahasa inggris anak di kelompok B di paud TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Dungingi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini sebanyak 30 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan oral performance test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat pada kemampuan kosakata bahasa inggris anak dengan nilai thitung = -103 sedangkan nilai ttabel pada (α) = 0,05 yakni sebesar 1,697. Dengan demikian, melalui penggunaan teknik menayangkan animasi gambar kemampuan kosakata bahasa inggris anak usia dini dikelompok B di Paud TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Dungingi lebih baik dari sebelum diberikan tayangan animasi gambar. Disarankan kepada Guru agar dapat memanfaatkan dan lebih inovatif dalam mengembangkan media animasi gambar untuk melatih kemampuan kosa kata bahasa inggris anak.