Pembelajaran yang Menyenangkan di Rumah Serta Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Guru, dan Anak

  • Mardiyana Faridhatul Anawaty
Keywords: bermain, pembelajaran, rumah

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk menjabarkan: (1) pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini di rumah, (2) pentingnya peran kolaborasi antara orang tua, guru dan anak dalam pembelajaran di rumah. Artikel ini menggunakan metode deskriptif yang dapat menjadi informasi untuk kepentingan penelitian selanjutnya mengenai pembelajaran yang menyenangkan di rumah di tengah pandemi. Epidemi virus yang dikenal dengan covid19 menggemparkan dunia sejak permulaan tahun 2020. Banyak sektor kehidupan terganggu, termasuk sektor pendidikan di Indonesia. Pendidikan anak kembali pada asalnya. Pada dasarnya keluarga utamanya orang tua adalah penanggung jawab pertama dalam pendidikan anak. Dengan aktivitas yang dikerjakan bersama orang tua, maka akan melekatkan relasi antara orang tua dengan anak. Hal tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan anak. Pembelajaran PAUD harus dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak, yaitu dengan cara bermain. Anak mengenal lingkungan sekitarnya dengan bermain. Dalam kegiatan bermain di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan tersebut dapat diawali dengan kegiatan yang memberikan pemahaman bagi anak mengenai wabah yang terjadi saat ini. Kegiatan untuk mencegah penularan virus covid19 yaitu dengan pembiasaan untuk hidup bersih dan sehat. Permainan yang dilakukan merupakan pokok pembelajaran pada anak sehingga dapat menghubungkan kehidupan di rumah, di lingkungan masyarakat sekitar rumah dengan kehidupan anak di sekolah. Kolaborasi yang baik antara orang tua dengan guru inilah yang kemudian akan menjadikan proses pendidikan berjalan dengan baik dan hasilnya anak akan berkembang dengan optimal.

Published
2020-12-08