Video Perdamaian: Media Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Agresivitas

  • Gempar Tri Asmoko
  • Wahyu Nanda Eka Saputra
  • Said Alhadi
  • Agusa Ria Kumara
Keywords: agresivitas , kedamaian, video perdamaian, media, dan layanan

Abstract

Perilaku agresif dimiliki oleh setiap orang baik anak anak sampai orang dewasa. Perilaku agresi bisa terjadi dimana pun dan kapan pun. Tidak sedikit permasalahan agresi muncul dilingkungan sekolah. Perilaku agresi menjadikan permasalahan yang serius dan konselor sekolah di harapkan berperan aktif dalam menangani masalah agresivitas di sekolah. Peneliti mengembangkan media video perdamaian untuk mereduksi agresivitas siswa, media ini bisa di gunakan konselor dalam layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan yaitu video perdamaian untuk mereduksi agresivitas siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain studi literatur. Studi ini meneliti regulasi diri emosi sebagai solusi alternatif untuk mengurangi agresif perilaku siswa melalui sumber data primer, seperti jurnal dan buku-buku. Konselor diharapkan berperan aktif untuk mereduksi perilaku agresif dengan cara memberikan layanan bimbingan dan konseling.  Perdamaian diri adalah sesuatu yang diinginkan dalam setiap individu. Kedamaian sebagai proses merujuk pada perkembangan tata pikir (mindset), perilaku, orientasi nilai, upaya memperbaiki keadaan.

Published
2020-12-08