Mengoptimalkan Kesejahteraan Psikologis Anak Melalui Permainan Tradisional Dimasa Pandemi COVID-19
Abstract
Merebaknya virus Covid-19 membuat dunia pendidikan mengalihkan sistem pembelajaran dengan learning from home, dimana kegiatan pembelajaran ini memberikan dampak terhadap kesejahteraan psikologis anak. Sehingga mata pelajaran PJOK mengkombinasikan permainan tradisional untuk memberikan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan psikologis anak ditengah penugasan pembelajaran dirumah yang menjenuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesejahteraan psikologis siswa selama learning from home mata pelajaran PJOK dengan permainan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya penugasan mata pelajaran PJOK dengan permainan tradisional sangat efektif dan cocok untuk pembelajaran dirumah dilihat dari aspek kesulitan, kebahagiaan, dan tingkat stress yang ditunjukkan dengan peroleh rata-rata yang cukup sigifikan.