KONSELING INDIVIDU MELALUI CYBER COUNSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK

  • Sukoco KW
  • M. Arif Budiman S.
Keywords: Cyber Conseling, Konseling individu dan Konsep diri

Abstract

Konsep diri yang rendah akan mengganggu potensi perkembangan peserta didik. Konsep diri yang rendah diperkirakan berasal dari kurangnya layanan konseling bagi peserta didik. Program layanan bimbingan konseling individu dengan pola yang lama perlu dirubah menggunakan model konseling individu melalui cyber conseling. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui layanan konseling individu melalui cyber conseling, pembentukan konsep diri peserta didik melalui cyber conseling dan mengetahui pengaruh konseling individu melalui cyber conseling terhadap pembentukan konsep diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif non ekspreimen dengan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai r xy = 0,988. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan r tabel dengan jumlah responden N = 30 taraf signifikan 5% ternyata nilai r xy lebih besar dari r tabel yaitu 0,988 > 0,361. Konseling Individu Melalui Cyber Counseling Terhadap Pembentukan Konsep Diri Peserta didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes” dinyatakan diterima.

Published
2018-11-29