UPAYA GURU BK DALAM PENGEMBANGAN IVENTORI PEMINATAN KARIR (IPK) SISWA SEBAGAI ALAT UKUR ARAH PILIH KARIR PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa peserta didik tamatan jenjang pendidikan dasar yang memasuki sekolah kejuruan, belum semuanya didasarkan atas peminatan peserta didik yang didukung oleh potensi dan kondisi diri secara memadai sebagai modal pengembangan potensi secara optimal, seperti kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat,minat dan kondisi fisik serta social budaya dan minat karir mereka sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui inventori peminatan karir bidang keahlian keahlian bisnis manajeme efektif dalam menggambarkan kemampuan belajar siswa pada jurusan bisnis manajemen.penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iventori peminatan karir efektif untuk mengukur peminatan secara akurat.