LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP TATA TERTIB DI SMKN 1 SIDOARJO

  • Riska Willyanti Handayani
Keywords: pemahaman, tata tertib sekolah, bimbingan kelompok.

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman tata tertib sekolah. Subyek penelitian tindakan ini yaitu peserta didik kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Sidoarjo Tahun 2016/2017 yang memiliki pemahaman tata tertib sekolah dalam kategori rendah. Untuk memperoleh data digunakan skala pemahaman tata tertib sekolah dan pedoman observasi. Adapun untuk menguji validitas dan reliabilitas digunakan rumus korelasi product moment, sedangkan analisanya menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari: (1) Rencana tindakan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4). Refleksi. Hasil analisis data dari siklus 1, 2 dan 3 penelitian tindakan ini menyatakan bahwa penggunaan kelompok tugas dalam bimbingan kelompok menggunakan metode ceramah melalui dinamika BMB3 (Berpikir, Merasa, Bersikap, Bertindak, Bertanggungjawab) dan dipadukan dengan penggunan media BK serta role playing dapat meningkatkan skor pemahaman tata tertib siswa kelas X teknik ketenagalistrikan 2  SMK Negeri 1 Sidoarjo Tahun 2016/2017.

Published
2018-11-29