OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 13
Abstract
Dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah maka perlu kiranya mensosialisasikan pemahaman dan pengertian terhadap beberapa kebijakan yang memuat tentang peran dan fungsi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor kepada komponen sekolah serta menggugurkan adanya anggapan bahwa guru Bimbingan dan Konseling hanya mengatasi konseli bermasalah saja. Disamping itu Guru Bimbingan dan Konseling/konselor juga perlu memahami peran dan fungsinya. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor hendaknya melakukan penguatan dan penegasan peran dan identitas profesi guru Bimbingan dan Konseling/Konselor, Guru Bimbingan dan Konseling/konselor harus menunjukkan kinerjanya secara profesional, menjalankan peran dan fungsi secara optimal dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya Guru Bimbingan dan Konseling harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kemampuan profesionalnya untuk mencapai standar profesi sesuai yang ditetapkan