OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 13

  • Nanik Nurhayati
  • Siti Nurfarida PW
Keywords: Peran dan Fungsi, Guru BK, Implementasi Kurikulum 13

Abstract

Dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah maka perlu kiranya mensosialisasikan pemahaman dan pengertian terhadap beberapa kebijakan yang memuat tentang peran dan fungsi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor kepada komponen sekolah serta menggugurkan adanya anggapan  bahwa guru Bimbingan dan Konseling  hanya mengatasi konseli bermasalah saja. Disamping itu Guru Bimbingan dan Konseling/konselor juga perlu memahami peran dan fungsinya. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor hendaknya melakukan penguatan dan penegasan peran dan  identitas profesi guru Bimbingan dan Konseling/Konselor, Guru Bimbingan dan Konseling/konselor harus menunjukkan kinerjanya secara profesional, menjalankan peran dan fungsi secara optimal dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan  potensi dirinya Guru Bimbingan dan Konseling harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kemampuan profesionalnya untuk mencapai standar profesi sesuai yang ditetapkan

Published
2018-11-29