POLA DAN ARAH KEBIJAKAN PROFESIONALISASI GURU BIMBINGAN & KONSELING/ KONSELOR INDONESIA
Kebijakan Profesionalisasi Guru Bimbingan & Konseling Dalam Menerapkan Keterampilan Attending Untuk Menjalin Kedekatan Dengan Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif keterampilan konseling attending dalam mejalin kedekatan dengan peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, dan dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru bimbingan dan konseling lebih bijak serta lebih professional dalam menangani permasalahan peserta didik serta peserta didik lebih terbuka dan lebih dekat dengan peserta didik. Melalui penelitian ini peneliti juga menghimbau agar guru BK berperilaku yang tidak menimbulkan anggapan ‘guru bimmbingan konseling adalah polisi sekolah”. Penelitian ini menggunakan rumus statistik berupa rumus anova. Harapan dari peneliti adalah membandingkan antara peserta didik yang sedang mendapat konseling oleh guru bimbingan konseling yang memakai keterampilan attending dan guru bimbingan konseling yang tidak memakai keterampilan attending. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kebijakan profesionalisasi guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan keterampilan attending dapat menjalin kedekatan dengan peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo serta peserta didik lebih nyaman dan terbuka dalam menyampaikan permasalahannya.