FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PUBLIKASI ILMIAH DI SMP KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Publikasi ilmiah dalam hal ini yaitu menyusun penelitian tindakan bimbingan dan konseling serta mempublikasikan hasil penelitian ke dalam jurnal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Pekalongan mengalami penurunan kinerja dalam menyusun penelitian tindakan bimbingan dan konseling maupun publikasikan artikel ke dalam jurnal. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja guru bimbingan dan konseling dalam publikasi ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru bimbingan dan konseling dalam publikasi ilmiah diantaranya kepemimpinan, motivasi, kompetensi, dan pelatihan. Sebelumnya pelatihan menyusun penelitian tindakan bimbingan dan konseling serta publikasi artikel sudah beberapa kali dilakukan dan terbukti dapat meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Hal tersebut terlaksana salah satunya adanya dukungan faktor kepemimpinan dari kebijakan pusat, unsur dinas pendidikan, kepala sekolah maupun organisasi serta motivasi guru. Namun manakala dukungan faktor kepemimpinan dan faktor motivasi guru tersebut menurun maka kompetensi dan pelatihan menyusun penelitian tindakan bimbingan dan konseling serta publikasi artikel menjadi ikut menurun sehingga kinerja guru bimbingan dan konseling menjadi rendah.