POLA PRAKTISI BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP SISWA HOMESCHOOLING DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

  • Hajar Ahmad Santoso
  • Rizqi Mauludiyah
Keywords: homeschooling, perkembangan, potensi

Abstract

Praktek homeschooling masih menimbulkan berbagai tanggapan kontras pada relevansi dan keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola hubungan siswa homeschooling dengan pengembangan potensi diri yang telah melalui tahap analisis. Analisis yang dilakukan berfokus pada pemetaan hubungan: a) pengaturan penelitian; b) sampel target; c) metode dan instrumen yang digunakan; d) fokus umum atau masalah yang dibahas; dan e) pola dalam temuan dari perkembangan siswa. Ditemukan bahwa pada penelitian ini lebih fokus dalam mengevaluasi efektivitas dan relevansi homeschooling sebagai alternatif untuk sekolah tradisional, terutama di bidang pengalaman belajar yang efektif dan perkembangan di dunia sosial media. Terlepas dari kelebihan praktik homeschooling, artikel ini juga menemukan keselarasan dari pentingnya bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan potensi diri siswa. Sehingga penelitian ini memberikan rekomendasi untuk praktik homeschooling yang efektif selanjutnya.

Published
2018-11-29