PENGEMBANGAN KOMPETENSI TEKNOLOGI DAN PERAN KONSELOR DALAM MENGHADAPI PESERTA DIDIK DI ERA DISRUPSI
Abstract
Tujuan artikel ini adalah mengkaji bagaimana pengembangan kompetensi teknologi konselor dan peran konselor menghadapi peserta didik di era disrupsi. Metode kajian menggunakan kajian literatur. Dimana perlunya sebuah kompetensi yang mumpuni tentang penguasaan teknologi dalam menyelenggarakan pendidikan di zaman yang semakin maju ini. Dengan adanya Kompetensi ini, diharapkan dapat menjawab tantangan zaman dimana tantangan yang saat ini dihadapi oleh Pendidikan khususnya di Indonesia adalah tantangan masa depan yang berkelanjutan. Kompetensi teknologi inilah yang nanti mampu menjadikan guru atau konselor memiliki kompetensi teknologi yang benar-benar mengatasi permasalahan peserta didik dalam perkembangannya kompetensi teknologi akan menjadi sebuah kompetensi baru yang membuat proses pelayanan bimbingan konseling menjadi menarik dan mampu memberikan layanan yang optimal.