EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP PGRI 1 PALEMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dan mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian, (2) untuk mengetahui efektivitas model konseling kelompok dengan teknik relaksasi mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental, menggunakan desain tes awal (pretest) dan perlakuan akhir (posttest). Penelitian ini melibatkan siswa SMP PGRI 1 Palembang. Langkah-langkah yang diambil adalah: (1) persiapan kelompok eksperimen, (2) pemberian pretest pada kelompok eksperimen (3) memberikan tretment atau perlakuan kepada kelompok eksperimen (4) memberikan post test pada kelompok eksperimen, (5) efektivitas akhir konseling kelompok dengan teknik relaksasi dibantu oleh musik instrumental untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian. Analisis dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil tes lapangan, tingkat kecemasan siswa menghadapi tes telah menurun setelah berpartisipasi dalam kegiatan konseling kelompok dengan teknik relaksasi. Ditunjukkan oleh perubahan tingkat kecemasan siswa yang menghadapi pre-test (evaluasi awal) dan post-test (evaluasi akhir) yaitu sebesar 84% (pra) hingga 45% (posting). Hasil uji Wilcoxon diperoleh Asymp.sig. (2-tailed) 0,008 dengan signifikan 5% (<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi dibantu oleh musik instrumental efektif untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian.