PENGARUH KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Sukma Perdana Prasetya SMAN Kesamben Jombang
Keywords: Karakteristik siswa hasil belajar dan mata pelajaran geografi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan tingkat pengaruh karakteristik peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Geografi kelas X di SMAN Kesamben Jombang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, tes, dokumentasi dan observasi yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan uji regresi linier berganda dan uji One Way Anova .Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semakin besar nilai karakteristik peserta didik maka akan diikuti oleh semakin besarnya hasil belajar mata pelajaran geografi. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan), maka dapat disimpulkan secara simultan sub variabel karakteristik peserta didik (Intelligence Quotient, motivasi serta minat) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi. Namun, dari hasil uji One Way Anova diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi. Sedangkan berdasarkan hasil pengolahan data dari uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa sub variabel karakteristik peserta didik berupa Intelligence Quotient dan minat berpengaruh secara signifikan, sedangkan sub variabel karakteristik peserta didik berupa motivasi berpengaruh tidak signifikan. Hal ini juga yang menyebabkan pengaruh karakteristik peserta didik (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi kelas X semester ganjil SMAN Kesamben Jombang tahun pelajaran 2014/2015 hanya sebesar 30,3%,.

Published
2018-11-07