Penerapan Teknik Mendongeng (Storry Telling) Untuk Melatih Disiplin Diri siswa SD
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan penerapan teknik mendongeng (story telling) untuk meningkatkan disiplin diri siswa SD Negeri 23 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksprerimen pret-test post-test one group design. Subjek penelitian ini sebanyak 12 orang siswa kelas VI yang memiliki disiplin diri rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar evaluasi diri, dan wawancara yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji tanda (sign test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor disiplin diri (self-discipline) siswa setelah diberikan perlakuan, karena ρ = 0,031 memiliki harga yang lebih kecil dari α = 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal itu menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dalam disiplin diri peserta didik antara sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan. Jadi, teknik mendongeng dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri siswa SD Negeri 23 Kota Bima.