EFEKTIVITAS KONSELING RINGKAS BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab belajar siswa SMP yang masih rendah. Hal ini ditandai dengan seringnya siswa mencontek, kurangnya minat membaca dan lebih sering bermain game daripada belajar. Tanggung jawab belajar yang rendah pada siswa di sekolah perlu ditingkatkan supaya tidak berakibat pada menurunnya hasil belajar siswa, tercapainya perkembangan potensi dengan baik, bahkan kebiasaan dalam disiplin diri. Dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa, upaya konselor adalah dengan memberikan layanan informasi, layanan orientasi, bimbingan kelompok serta ekspositori (ceramah). Upaya yang dilakukan oleh konselor tersebut masih terkesan perventif sedangkan masalah kesadaran tanggung jawab belajar membutuhkan layanan yang bersifat kuratif. Salah satu pendekatan konseling yang digunakan dalam hal meningkatkan kesadaran tanggung jawab belajar siswa adalah dengan pendekatan konseling ringkas berfokus solusi, karena tidak menghabiskan waktu lama dalam penanganan permasalahannya; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain subjek tunggal (single subject). Rancangan ini dipilih karena subjeknya bersifat individual; Hasil penelitian adalah konselor mampu melaksanakan konseling ringkas berfokus solusi dengan benar dan efektif untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab belajar siswa. Diharapkan dengan pendekatan konseling singkat berfokus solusi ini siswa dapat belajar secara mandiri, menghormati dan menghargai aturan di sekolah dan memiliki minat baca yang tinggi sehingga dapat menjadi landasan dalam menjalankan tingkah laku yang selalu menjunjung tinggi nilai dalam bertanggung jawab di bidang belajar.