Peran Konselor Di Sekolah Dasar Melalui DBC (Direct Behavior Consultation)
Abstract
metode mengajarkan keterampilan pada konsulti (Watson, Robinson: 1996). DBC bertujuan membantu konsulti (guru) dalam menangani masalah dan memberikan keterampilan pada guru untuk menangani masalah dimasa mendatang (Watson & Robinson, 1996; Rahn. et al, 2008: 22). Pemberian konsultasi bersifat langsung artinya dalam menentukan bentuk intevensi, konsultan tidak hanya berpatokan pada informasi masalah siswa yang diperoleh dari konsulti (guru) tetapi juga bertolak pada pengamatan langsung tingkah laku konseli (Witt, Gresham & Noel, 1996).
Adanya tuntutan menjadi guru profesional, yakni peningkatan mutu pendidikan dengan meningkatkan kinerja guru tentu harus dibarengi dengan keterampilan guru dalam mengelola kelas dan mengatasi permasalahan Siswa. DBC sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kinerja guru di kelas akan menjadi intervensi yang tepat. Kolaborasi antara konselor dan guru kelas sangat diperlukan untuk mengurangi perilaku maladaptive siswa.